MENGUAK RADIKAL BEBAS



Hai..hai...hai....siapa ya...yang mau hidup sehat dan awet muda..? Pasti semua manusia didunia ini jawabnya adalah..mau banget....?...hehhehehe...dan siapa ya.....yang mau hidup awet tua..? Nggak mau...lah..yaw...
OK...lanjut !...nah, apakah kita tahu seberapa sehatkah diri kita saat ini..? Ingin tahu..? Baiklah...sekarang sudah ditemukan tesnya, dimana kita bisa mengetahui sejauh mana kesehatan kita.


Caranya adalah...berdiri tegap tanpa memegang apa-apa, jangan bersandar, jangan berpegangan kursi atau apapun. Setelah itu pejamkan / tutup mata dan angkat salah satu kaki (lihat gambar). Anda yang sehat, maka akan bertahan berdiri dengan 1 kaki, tetapi yang tidak sehat anda pasti akan segera jatuh. Tes ini dilakukan selama 2 menit, dan yang bertahan dalam waktu tersebut berarti kesehatan anda bagus.
Begitulah secara sederhana kita bisa tahu kondisi kesehatan kita, dan pernahkah anda tahu penyakit pembunuh nomor 1 saat ini..? Faktanya disini bahwa penyakit Jantung, kanker, stroke, dan diabetes adalah penyakit yang telah merenggut 24 juta nyawa manusia setiap tahun. Ini berdasarkan data statistik yang dirilis badan kesehatan dunia (WHO). Bayangkan.....kalau penyakit-penyakit ini terjadi di Indonesia saja, sudah berapa banyak penduduk kita yang meninggal...?. Saat ini berapa jumlah penduduk kita...? Dua ratus jutaan lebih ya.....?, kalau setiap tahunnya 24 juta penduduk kita yang meninggal, berapa tahun penduduk negara kita habis, 10 tahun kurang lebih ya...! Masih baik, ini seluruh dunia bukan seluruh Indonesia. ihhh....ngeerrriii....dech...

Jutaan orang....telah meninggal dunia karena penyakit jantung dan penyakit lainnya. Jadi kita bisa melihat faktanya di sini atau rangkingnya di sini, tahun 1970-an penyakit jantung ini menempati urutan sebelas. Selang 10 tahun saja, kita bisa lihat di tahun 1980-an menjadi urutan tiga, naiknya sangat signifikan, tajam sekali, dan tahun 1990-an selang 10 tahun lagi bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia atau penyebab utama kematian bagi manusia. Kalau anak kita pendidikannya naik seperti ini, kita pasti bangga, tetapi kalau penyakit yang naik seperti ini, harus waspada dan menjadi perhatian serius oleh kita. WASPADALAH...... ..WASAPDALAH...!
Sebenarnya penyebab utama penyakit-penyakit seperti kanker, jantung, stroke, diabetes, atau penyakit degeneratif, penyakit yang timbul karena kerusakan sel yang sangat parah dalam tubuh kita, adalah RADIKAL BEBAS (Free Radicals). Apa sich..radikal bebas itu..? Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron sehingga molekul tersebut menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain. Hati-hati karena radikal bebas ini adalah salah satu penyebab utama penyakit kanker. Ilustrasi sederhananya, saya ingin contohkan radikal bebas ini, siapa yang pernah nonton sinetron komedi, “Suami-Suami takut Istri” ...loh kok pada bengong..? malu ya...? weleh-weleh....takut ketahuan kalo sering nonton sinetron....?
OK..langsung aja....Dalam SINETRON tersebut digambarkan para penghuni sebuah lingkungan rata-rata berpasangan, Pak RT dan istrinya, serta yang lainnya, tetapi satu yang tidak berpasangan, siapa namanya? Preti, betul ya...? Karena dia sendiri yang tidak berpasangan maka dia akan mengganggu lingkungannya, entah Pak RT-nya maupun yang lain, paham ya maksudnya..?. Jadi radikal bebas kurang lebih seperti itu, dia akan mengganggu lingkungan karena dia tidak mempunyai pasangan, dia akan mencuri dari yang lainnya.
Memang sangat sulit kita menghindari radikal bebas tadi karena semakin banyak kita bernapas, semakin banyak oksigen yang masuk semakin banyak juga radikal bebas yang masuk. Tidak mungkin kita bisa mengurangi itu, ya... sudah.., kurangi napasnya.., Gila...tidak mungkin kan...? Terus bagaimana caranya...? Ada yang tahu..? Baiklah...satu-satunya cara yang saya tahu untuk mengurangi radikal bebas adalah dengan mengonsumsi XANTHONE...
Apakah itu...? Akan saya bahas di postingan berikutnya...sabar ya...bro....?

0 comments:

Posting Komentar