Jamu untuk Wanita pada Waktu Hamil




Betapa senangnya para suami yang mendengar kalau istrinya positif hamil, "hore...hore...istriku hamil....aku akan jadi ayah bagi anakku....cihuy...." nah..itu teriakan seorang saumi yang senang dan bahagia atas kehamilan istrinya.
Pada umumnya, seorang wanita yang mulai hamil pertama kali, badannya terasa lesu, makan nasi terasa segan, maunya hanya rujak-rujakan, pedas-pedasan, kecut-kecutan, ini adalah suatu tanda wanita yang mengalami hamil tadi sedang "nyidam".
Alangkah baiknya, buatkan saja yaitu rujak perijata. Dan jangan meninggalkan jamu-jamu Jawa, hari rebo dan sabtu harap mandi dengan keramas, membersihkan kutu-kutu dan lain sebagainya. Apa seh...ramuan-ramuan yang dibuat untuk bahan jamu Jawa tadi...?
Ramuannya adalah : cabe lempuyang yang diparut diberi air sedikit lantas diperas diambil airnya untuk diminum, mengenai banyaknya cabe lempuyang itu disesuaikan hamilnya, berapa bulan. Umpamanya, hamil 3 bulan, maka cukup 3 potong cabe lempuyang. Disamping itu ada hal-hal yang harus diperhatikan pada waktu hamil tadi berdasarkan petuah dan wewaler (larangan) orang Jawa Kuno (nenek moyang), yaitu :

  1. Jangan memakan lamtoro, petai, dan durian karena mengakibatkan panas.
  2. Jangan memakan daging kijang, dan daging kambing karena juga bersifat panans.
  3. Jangan duduk ditengah-tengah pintu, dan jangan menduduki alat penumbuk padi, serta tidak boleh bila makan piringnya dipegang saja, jadi harus diletakkan pada tempat yang sudah disediakan, misalnya meja.
  4. Jangan memakan ikan kali (sungai) terutama ikan lele karena ikan tersebut memakan ikan lain dan mempunyai pathil.
  5. Jangan suka mentertawakan apa saja, agar anaknya jangan meniru.
  6. Bila akan tidur kaki harap dicuci / dibersihkan dulu agar tidak diserang penyakit.
  7. Suami istri jangan suka membunuh apapun saja dari hewan yang masih hidup, agar anaknya tidak menderita cacat.
  8. Tidak boleh minum minuman keras yang mengandung alkohol.

Itu tadi pantangan bagi wanita yang hamil tapi semua kembali pada diri sendiri....percaya silahkan, tidak juga gak apa-apa....

0 comments:

Posting Komentar