Pemakaian Lulur dan Manfaatnya


Allow....para kaum wanita.....asing gak dengan istilah lulur...? pasti dech...semua gak ada yang asing dan bahkan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Lulur adalah jenis kosmetik yang dibuat dari bunga-bunga dan bahan lain yang sangat berguna untuk menjaga kecantikan dan kehalusan kulit.
Saya disini mau mengambil contoh lulur produksi PT Nyonya Meneer, jamu Jawa asli dari Semarang (bukan maksudnya untuk promosi loh...), yang bernama Lulur Awet Ayu. Tentang pemakaian lulur ini, adalah sebagai berikut :
  1. Paras atau tubuh dibersihkan dulu dengan handuk yang telah dicelup dengan air hangat. Maksudnya agar bersih dari make up, bedak atau kotoran lain.
  2. Setengah bungkus atau secukupnya lulur awet ayu (berupa serbuk / bedak) dicampur dengan air panas, kemudian diaduk sampai rata benar.
  3. Setelah adukan menjadi dingin, oleskan lulur ini pada paras atau seluruh tubuh, dengan menggunakan jari atau dengan kuas halus. Setelah 30 - 60 menit, lulur akan terasa kering dikulit.
  4. Setelah kering benar, lalu dibersihkan atau mandi dengan air hangat, dan terakhir dibilas dengan air dingin tanpa memakai sabun mandi.
  5. Seluruh wajah atau seluruh badan, dikeringkan dengan handuk.
Adapun manfaat yang diperoleh dari pemakain lulur adalah sebagai berikut :
  1. Badan menjadi segar, dan kulit menjadi kencang, bersih, halus, dan berseri-seri.
  2. Pemakaian secara teratur bisa mencegah keriput, membuat kulit menjadi kencang, harum, dan bersih.

Catatan :
Lulur ini boleh dipakai pada waktu pagi atau sore, sebelum mandi. Jika pemakaiannyadilakukan secara teratur dua kali seminggu, kulit akan terpelihara selalu indah. Disamping memakai lulur awet ayu, dianjurkan juga minum jamu awet ayu dan memakai bedak awet ayu. Tubuh dan paras akan tampak segar dan cantik.

0 comments:

Posting Komentar